DI ANTARA AKHLAK RASULULLAH SAW

Sajadah Muslim ~ Akhlak Rasulullah adalah Al-Qur’an, membenci apa yang di benci Al-Qur’an dan merasa senang dengan apa yang disenanginya. Tidak dendam dan marah kepada seseorang kecuali jika melakukan hal-hal yang diharamkan Allah, sehingga kemarahannya karena Allah.
 
Rasulullah merupakan orang yang paling jujur, ucapannya, paling memenuhi tanggung jawabnya, paling lembut perangainya, paling mulia pergaulannya, lebih pemalu dari perawan dalam pingitan, rendah hati dan selalu memikirkan umatnya, tidak keji dan pula pengutuk. Tidak membalas kejahatan orang lain dengan kejahatan serupa, tetapi membalasnya dengan kema’afan dan jabat tangan. 


Tidak pernah menolak siapa yang meminta suatu kebutuhan, kecuali dipenuhi kebutuhanya atau dengan kata-kata  lain  yang halus dan tidak dengan hati kasar dan sikap keras.

Rasulullah tidak pernah memotong pembicaraan orang lain, kecuali jika bertentangan dengan kebenaran, sehingga memotong pembicaraannya dengan larangan atau berdiri, tidak menganggap dusta kepada seseorang, tidak dengki kepadanya dan tidak pula memintanya untuk bersumpah.

Rasulullah, senantiasa menjaga hak-hak tetangganya dan menghormati tamunya. Waktunya tidak pernah berlalu tanpa beramal untuk Allah atau mengerjakan sesuatu yang menjadi tugasnya. Cinta kepada optimis dan benci kepada pesimis. Jika  ada dua pilihan, maka beliau memilih yang teringan diantara keduanya, selama tidak merupakan dosa. Senang menolong orang yang membutuhkan dan membantu orang yang teraniaya.

Rasulullah, juga mencintai sahabat-sahabatnya, bermusyawarah dengan mereka dan memperhatikan keadaan mereka. Jika yang sakit, beliau kunjungi, siapa yang tidak hadir beliau mengundangnya, siapa yang meningal dunia beliau mendo’akannya serta menerima alasan orang yang uzur kepadanya.

Baginya yang kuat dan orang yang lemah mempunyai hak yang sama. Ketika beliau berbicara, maka jika ada orang menghitung pembicaraannya tentu akan dapat  menghitungnya kerena kefasihan dan pelannya. Di samping itu, beliau juga suka bercanda dan tidak mengucapkan kata-kata apapun kecuali dalam kebenaran.
Terima Kasih Sudah Membaca: DI ANTARA AKHLAK RASULULLAH SAW

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 21:46
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger