Keistimewaan Shalat Sunnah Tasbih

Sajadah Muslim ~ Ada sebuah kisah nyata di suatu hari, seorang kyai naik ojek motor. Dengan mata batinnya, ia melihat bahwa tukang ojek yang membawanya pergi sedang dilanda nestapa. Hidupnya sangat memprihatinkan, satu kamar dipergunakan untuk dapur dan tempat tidur. Kepada si tukang ojek kyai itu berkata, “Mas sepertinya hidupmu sungguh prihatin ! Benarrkah ?” ujar sang kyai. “Iya pak kyai, “jawab si tukang ojek, lalu pak kyai berkata, “Mau bapak keluar dari keadaan ini”?  si tukang ojek menjawab “Mau sekali pak kyai.


”Dengan  mendengar jawaban si tukang ojek, maka pak kyai memberi saran melakukan shalat Tasbih setiap harinya. Besok harinya, tukang ojek itu menjalankan apa yang  diperintahkan oleh pak kyai tersebut. Karena punya keinginan  kuat untuk keluar dari keadaan yang memprihatinkan tukang ojek itu begitu rajin melakukan shalat tasbih.

Satu tahun, ia sudah melakukannya suatu hari ada seorang saudagar ingin membeli tanah. Ia bertemu  dengan tukang ojek itu dan mengutarakan maksudnya. Tukang ojek mengantar saudagar tersebut kepada pemilik tanah yang hendak dijual.

Singkat cerita saudagar tersebut berhasil membeli tanah, ia pun mengucapkan terima kasih kepada tukang ojek karena telah memberikan jalan baginya, iapun memberikan tips (hadiah) kepada tukang ojek sejumlah uang yang nilainya sangat besar mencapai ratusan juta rupiah.

Dengan air mata berlinang, tukang ojek itu mendatangi pak kyai tersebut. Ia menangis tersedu-sedu dihadapan sang kyai .Tukang ojek telah bersyukur atas perintah pak kyai untuk melakukan shalat tasbih sehingga telah berhasil mendapat pertolongan dari Allah swt dengan pemberian uang dari pembeli tanah tersebut  ia pun telah merobah kehidupan bahkan dapat membangun sebuah rumah.

Demikianlah sepenggal kisah keistimewaan yang dialami seorang tukang ojek, saya yakin, banyak kisah serupa yang terjadi terkait dengan ibadah pengalaman shalat sunnah Tasbih. Karena itu, apa yang bisa kita petik dari kisah tersebut diatas ?

Bahwa shalat tasbih ternyata membawa dampak yang luar biasa dalam hidup kita. Jika kita mengalami kesusahan dalam hidup atau memiliki penyakit yang sulit disembuhkan, maka kita lakukan shalat Tasbih dengan sungguh-sungguh, sehingga Allah swt akan memberikan jalan kepada kita. Sebab Allah-lah Maha Penyembuh terbaik diantara semua dokter di dunia ini.

Nabi sendiri sering melaksanakan shalat tasbih sehingga Nabi bersabda. ”Wahai ibnu Abbas, maukah kamu kuberi sesuatu? Yaitu Shalat–lah empat rakaat, terserah engkau siang ataupun malam. Jika selesai takbir bacalah surat apa saja yang engkau inginkan. Kemudian jika selesai membaca surat bacalah sepuluh kali kalimat Alhamdulillah, Subhanallah, wa Lailaaha Illallah, Allahu Akbar. Kemudian ruku-lah ketika sedang ruku bacalah sepuluh kali kalimat itu”. (HR Abu Daud dan Ibnu majah).

Tata Tertib Dalam Mengerjakan Shalat Tasbih

  1. Berwudhu dengan sempurna, kemudian berdiri sebagaimana shalat sunnat yang lain pada tempat yang bersih dan suci dengan pakaian yang bersih dan suci pula. Untuk shalat Tasbih yang terdiri empat rakaat lalu menghadap kiblat dengan niat Ushalli Sunnatat Tasbihi Rok’ataini Lillaahi Ta’ala dalam hati disertai dengan membaca Takbirotul Ihram, yaitu membaca ALLAHU AKBAR.
  2. Selanjutnya membaca doa Iftitah, dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah kemudian membaca surat Al-kafiruun, setelah selesai membaca surat tersebut dilanjutkan membaca Tasbih yaitu Subhanallani Wal Hamdulillahi Wa laa Ilaha  Illallaahu Walahu Akbar Walaahaula Walaa Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim, sebanyak 15 kali.lalu ruku.
  3. Dalam ruku setelah membaca tasbih seperti biasa, kemudian membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali lalu I’tidal. 
  4. Dalam I’tidal setelah membaca Tasmi (Sami allaahu Liman hamidahu) dan seterusnya, kemudian kita membaca tasbih sebanyak 10 kali lalu kita sujud.
  5. Dalam sujud setelah membaca tasbih seperti biasanya, kemudian membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali, kemudian duduk di antara kedua sujud. 
  6. Dalam duduk diantara kedua sujud setelah membaca doa seperti biasanya, kemudian membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali, lalu sujud lagi untuk yang kedua kali. 
  7. Dalam sujud yang kedua kali, sesudah membaca tasbih sebagaimana biasanya, kemudian membaca tasbih seperti diatas sebanyak 10 kali, selanjutnya sebelum berdiri pada rakaat yang kedua, supaya duduk istirahat sebentar dan dalam duduk tersebut supaya membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
Demikianlah tuntunan shalat tasbih dikerjakan sampai selasai empat rakaat dan jumlah tasbihnya sebanayk 300 (tiga ratus) kali dibaca. Dan shalat sunnah Tasbih dapat dikerjakan pada malam hari dengan masing-masing 2 (dua) rakaat salam dan kalau dikerjakan pada siang hari 4 (empat) rakaat 1 (satu) kali saja salam semoga dapat dikerjakan dan doa-doa dapat diterima oleh Allah swt. Baca juga Sujud Dalam Islam

Referensi : Search Google
Terima Kasih Sudah Membaca: Keistimewaan Shalat Sunnah Tasbih

ARTIKEL TERKAIT:

Sebarkan dan Raih Amalan Shalih :
Posted by: Sajadah Muslim
Sajadah Muslim Updated at: 18:44
 
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Sajadah Muslim™ - Copyright © - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger